Senin, 17 Agustus 2015

Dirgahayu ke 70 Indonesia ku, Bangkit Pariwisata Indonesia !!!

17 AGUSTUS 2015

DIRGAHAYU KE - 70 INDONESIA
Bangga akan Pesona Pulau Belitung, +62

Merdeka ! Merdeka ! Merdeka !
Yapp, Hari ini adalah hari yang spesial bagi saya dan seluruh warga negara Indonesia karena hari ini merupakan hari dimana warga Indonesia bersyukur dan berterimakasih karena bisa menikmati kebebasan untuk sekolah, kebebasan untuk berekspresi dan kebebasan untuk menjadi diri sendiri ! Ya hari ini tepat pada 17 Agustus 2015, 70 tahun lamanya Indonesia sudah merdeka! Wohoooo!!! Bangga ? tentu! Saya bangga dengan para pahlawan yang mati-matian memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Namun, ada rasa gundah di hati saya, seringkali saya bertanya pada diri saya "Apa yang telah saya lakukan untuk Indonesia ? Apa partisipasi saya dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia?"

Mungkin karena saya memang bukan pemikir yang jenius, pertanyaan-pertanyaan yang muncul di otak saya membuat saya pusing. Oleh karena itu, saya memutuskan bangun pagi sekitar jem 12 siang ( Bagi saya itu pagi, maklum kemarin malam saya bergadang dan kalau bergadang biasanya saya bangun sore! Maafkan kemalasan saya hahaha). Ya itulah, tumben-tumbenan saya bangun pagi, dan tiba-tiba terinspirasi untuk menulis salah satu yang membuat saya bangga menjadi orang Indonesia. Oleh karena itu, Ini dia Pesona Pulau Belitung yang wajib kamu banggakan, berikut ini:

1. Pantai Burung Mandi, Belitung

Pantai Burung Mandi, Belitung Timur
Hari pertama saya tiba di Belitung, sekitar jam 12 siang, bete banget karena pesawat Sriwijaya Air saya delay! Harusnya saya sudah sampai disini jem 8 pagi :( Tapi setumpuk rasa bete saya hilang setelah saya sampai di Pantai Burung Mandi ini. Ya, jadi Pantai Burung Mandi ini terletak gak jauh dari Bandara Tanjung Pandan. Disini membuat hati saya menjadi tenang banget. Karena suasananya itu lho, damai rasanya. Hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai ini sangat halus. Ditambah suara ombak yang  tenang dan angin yang sepay sepoy. Wah, rasanya stress beban pikiran hilang semua guys!

Spot pewe di Pantai Burung Mandi, Belitung Timur
Nah mantepnya lagi, disini banyak gazebo, atau meja kursi dari kayu di sekitar pantai. Plus pohon-pohon pinus yang berbaris disepanjang pantai membuat suasana panas jadi sejuk! Hihihi. Disini juga banyak warung kopi lho dan es kelapa muda. Wuasik rek! Tentu saja saya langsung pilih tempat yang spot nya bagus, yaitu bisa liat pemandangan laut, gak panas alias adem karena ada pohon, dan strategis gak jauh sama warung biar cepet kalo mesen makan! Hihihihi.

2. Vihara Kwan Im, Belitung Timur

Vihara Kwan Im, Belitung
Vihara Kwan Im ini adalah Vihara terbesar dan tertua yang ada di Belitung lho. Jadi kalau kamu ke Belitung belom afdol kalau belom mampir ke Vihara yang satu ini. Ya, konon katanya Vihara Kwan Im ini dibangun pada tahun 1947 yang diawali oleh seorang nelayan setempat yang menemukan patung Buddha Bodhisstwa di Pantai Burung Mandi. Nah, buat kamu yang bukan beragama Buddha, kamu tentu boleh masuk kedalam untuk sekedar foto-foto karena Vihara Kwan Im ini memang merupakan objek wisata di Belitung. Hihihi.

3. Bukit Berbatu

Bukit Berbatu, Belitung Timur
Pantai Bukit Berbatu adalah salah satu punya Pak Ahok lho! Ya, Pantai Berbatu ini memang tidak besar tapi memiliki keunikan. Jadi pantai ini terbagi menjadi pantai yang berbatu dan pantai yang berpasir. Selain itu, di pantai ini banyak banget penyu berlabuh dan telur. Hihihi.

Saya pun menikmati sekali suasana di Bukit Berbatu ini, karena nuansa nya gak cuma lautan saja, tapi juga ada batu serta kehijauan hutan lho. Jadi rasanya seperti ada di hutan dan di laut! Hahaha. Oh ya, konon katanya nih, kalau datang kesini pas bulan Purnama, akan ada banyak biawak disekitar pantai, karena biasanya biawak ini berburu telur penyu. Hihihi.

Harga tiket masuk per orang sekitar 2 - 5 ribu Rupiah saja. Disini kamu pun bebas kalau mau bawa makanan atau minuman kedalam. Bahkan disini juga ada pendopo besar lho, jadi kalau mau sekedar makan dan menikmati pemandangan alam boleh banget makan di pendopo sini. Hehehe.

4. Kampoeng Ahok, Belitung

Kampoeng Ahok, Belitung Timur
Guys, sangkin populernya Mr. Ahok ini dan sangkin fenomenalnya Beliau. Setiap wisatawan yang datang ke Belitung pasti nanya "Dimana rumah Ahok? Dimana rumah adiknya Ahok? Blablabla" Intinya, banyak sekali wisatawan yang penasaran nih sama sosok fenomenal yang satu ini. Oleh karena itu, dibuatlah Kampoeng Ahok yang merupakan desa tempat Ahok dan family tinggal yang sengaja dibuat untuk dijadikan tujuan wisata di Belitung. Selain itu, ide ini juga membuat banyak nya warga Belitung yang membuka toko cindera mata di sekitar Kampoeng Ahok ini. Hihihi.

Rumah kediaman Keluarga Ahok, Belitung
Sanggar Batik De Simpor, Belitung
Tepat disamping Rumah kediaman keluarga Ahok, ada sanggar batik De Simpor lho. Ya, sanggar ini sengaja dibuat sebagai tempat untuk melestarikan Batik De Simpor. Disini juga dijual cindera mata, seperti kaos, gantungan kunci, tempelan kulkas, kain batik dan sebagainya. Semua cendera mata yang dijual disini asli buatan tangan masyarakat Belitung sini. Hehehe. Harganya, harga pas guys gak bisa nawar-nawar :(

5. Museum Kata, Andrea Hirata

Museum Kata, Andrea Hirata, Belitung Tinur
Tampak depan Museum Kata, Andre Hirata, Belitung Timur

Dalam Museum Kata, Andre Hirata
Museum Kata, Andre Hirata
Panggung ekspresi, Museum Kata

Museum Kata, Andrea Hirata adalah Museum sastra pertama di Indonesia lho! Hihihi. Jadi Museum ini didirikan sejak adanya Film Laskar Pelangi. Ya, Museum ini didirikan langsung oleh sang penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata. Hehehe. Letak Museum ini gak jauh dari SD Laskar Pelangi, dan juga gak jauh dari Kampoeng Ahok. Hihihi.

Masuk kesini gratis kok. Kerennya disini, walaupun kecil tapi sangat terawat guys. Lalu juga banyak karya-karya seni anak-anak dan karya Bang Andrea Hirata. Disini kalau kamu benar-benar membaca satu-satu apa yang dipajang disini, waduhhh sangat mengharukan lho! Banyak sekali kalimat-kalimat motivasi di Museum ini, Hehehe.

6. SD Muhammadiyah Gantong, Belitung Timur

SD Muhammadiyah Gantong, Belitung Timur
SD Laskar Pelangi ini nama aslinya adalah SD Muhammadiyah Gantong. Ya, di SD inilah, shooting Laskar Pelangi diadakan. Hihihi. Kalau kamu masuk kedalamnya, sungguh miris guys! Semuanya terbuat dari kayu, ya intinya kurang dari cukup lah SD ini. Namun, pasir di sekitar sekolah ini sangat lembut banget banget. Rasanya mau tiduran di pasir ini sangkin lembutnya! Hahaha. Nah, pasalnya nih, SD ini sudah menjadi objek tujuan wisata terkenal di Belitung Timur. Hehehe

7. Pulau Lengkuas

Saat perjalanan menikmati Pulau Lengkuas
Hari kedua di Belitung temanya adalah 'Basah-basahan' !!! YEAYYY! Senangnya di hari kedua! Saya akan bermain air dan menikmati indahnya Pulau Lengkuas. Nah, perlengkapan yang kamu perlu bawa adalah sunblock, kacamata, topi, casing pelindung air buat HP dan jangan lupa bawa baju ganti. Karena di pulau ini kita akan snorkeling! Hihihi. Untuk menuju ke Pulau ini, saya menyewa perahu nelayan. Kira-kira 1 1/2 jam sampai di Pulau-pulau yang ada di Belitung. Nah, sambil menikmati perjalanan, gak lupa saya foto dong Hihihi.

Sesampainya di Pulau Pasir, rasanya mau langsung narsis. Hahaha. Karena di Pulau ini, cakep banget guys! Warna air lautnya biru bening, pasirnya pun putih lembut banget. Disini juga bertebaran bintang-bintang laut yang gede-gede lho! Ini dia aksi narsis saya di Pulau ini, cekidot :

Pulau Pasir, Belitung

Foto-foto diatas intinya foto sama bintang laut! Hahaha. Nah yang unik dari Pulau Pasir ini, kadang -kadang ada, kadang-kadang gak ada. Yap itu karena tergantung air pasang laut tinggi atau gak. Nah untungnya pas saya datang, Pulau Pasir ini ada! Hihihi. Lalu saya juga mampir ke Pulau Batu Berlayar, disini dinamakan Pulau Batu Berlayar karena batunya gede-gede banget dan mengandung granit guys! Plus banyak juga terumbu karang disini. Hihihi. Nih foto-fotonya :
Pulau Batu Berlayar, Belitung

Pulau Burung, Belitung
Lalu sekitar siang jem 2 an saya makan siang di Pulau Burung ini guys. Sambil menikmati indahnya burung-burung yang berterbangan disini, dan juga hamparan air laut yang super duper luas dan bersih! Woalah take me back please, bagus banget!

8. Tanjung Tinggi, Laskar Pelangi

Pantai Tanjung Tinggi, Laskar Pelangi
Setelah bermain seharian di Pulau-pulau yang ada di Pulau Lengkuas, sorenya saya mampir ke Pantai Tanjung Tinggi, Belitung! Ya ini adalah tempat shooting Film Laskar Pelangi. Pada awalnya Pantai ini tidak booming seperti sekarang. Namun sejak Film Laskar Pelangi sukses menarik hati para penonton Indonesia dan manca negara, Pantai Tanjung Tinggi menjadi terkenal lho! Oleh karena itu, Pantai Tanjung Tinggi ini menjadi pantai tujuan wisata wajib di Belitung. Hihihi

Selain terkenal karena Film Laskar Pelangi, Pantai Tanjung Tinggi juga terkenal karena keunikannya lho. Itu karena pantai ini memiliki batu granit yang paling besar dibanding pantai-pantai yang lainnya. Hehehe. Saya pun gak lupa foto pemandangan pantai Tanjung Tinggi ini. Sampe naik-naik atas batu lho saya fotonya. Bagus kan!!! Hahaha. Nah, disekitar pantai ini, banyak sekali restoran-restoran Seafood dan kelapa muda! Harganya gak mahal lho, jadi tenang aja. Irit kantong banget makan disini. Hihihi.

9. Tambang Kaolin

Tambang Kaolin, Belitung
Hari Ketiga di Belitung saya juga mampir ke Tambang Kaolin ! Ya, tempat ini berada di Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan. Tambang Kaolin ini dulunya sengaja dilakukan karena kaolin merupakan bahan untuk membuat keramik, plastik dan sebagainya. Sebenarnya ya ini memang tempat penambangan, tapi uniknya, tempat ini juga dijadikan salah satu tujuan objek wisata di Belitung. Hihihi. Dijamin kamu akan 'nga-nga' juga guys kalo kesini! Tambang Kaolin ini bagus banget airnya warna biru tosca! Apalagi kalau dateng pas SUNRISE atau SUNSET, Wahhhh benar - benar cantik guys! Hehehe.

Itulah cerita pengalaman saya yang membuat saya bangga menjadi orang Indonesia! Karena faktanya memang Indonesia itu kayaa bangett akan kekayaan alamm! Wahh pingin banget mengeksplor Indonesia lebih jauh lagi! Hmm next trip kemana ya? Please take me to the BEAUTIFUL BALI Wohooo!!!

Untuk Indonesia : Selamat Ulang Tahun ke - 70 Tahun Indonesia Ku, Bangkit Bangkit Bangkit Pariwisata Indonesia !!!