Rabu, 12 Agustus 2015

MY SIMPLE BUT AMAZING VIETNAM !

 W A R   &   R O M A N C E   I N   V I E T N A M

2 1/2

Haloha! Ini adalah destinasi tujuan akhir dari perjalanan liburan lebaran saya di tahun 2015. Senang sekali di libur lebaran tahun ini, saya dan keluarga bisa merasakan kebersamaan di Negeri orang. Yap, tentunya ini adalah moment yang tidak akan terlupakan dan sangat bikin nagih! Hihihi

Kebanyakan orang akan menjadikan Vietnam sebagai pilihan terakhir dalam list destinasi liburan. Padahal faktanya, Vietnam itu adalah negara yang berkembang sangat pesat dibanding Vietnam 40 tahun yang lalu. Ya, Negara ini baru saja merdeka sejak 1975, dan kalau dihitung sampai sekarang tahun 2015, Vietnam baru merdeka 40 tahun saja. Cuma, kalian akan takjub saat datang ke Vietnam, karena negara ini benar-benar sudah bangkit, bahkan bisa-bisa berapa tahun lagi akan menyaingi Negara Asia berkembang lain. Terutama dalam segi pariwisata. Gak percaya ?! Ini dia tempat-tempat istimewa yang saya kunjungi selama 2 1/2 hari di Vietnam, Cekidot :

1. Cu Chi, Vietnam

Cu Chi, Terowongan bawah tanah, Vetnam

Sesampainya di Kota Ho Chi Minh, Vietnam, tempat pertama yang saya kunjungi adalah Cu Chi. Ini adalah terowongan bawah tanah yang digali orang Vietnam semasa perang. Jadi terowongan bawah tanah ini sengaja dibuat untuk melawan AS. Bahkan di terowongan ini ada rumah sakit. dapur, tempat sekolah, dan tempat untuk membuat senjata. Yang hebatnya lagi, terowongan ini dibuat secara manual lho.

Nah, karena saya penasaran, saya pun mencoba masuk ke dalam terowongan ini. Saat saya masuk, waduh benar-benar sempit. Jadi, terowongan ini hanya muat untuk satu orang saja, bahkan kamu gak bisa muter balik kebelakang lho. Jadi, kalau kamu mau masuk, pastikan kamu siap menelurusi terowongan ini sampai ada ada tempat keluar. Serius ini. Hahaha.

Nah, diatas ini adalah salah satu tank AS yang diambil oleh Vietkong ( orang Vietnam yang membela Vietnam Utara pro kemerdekaan) tinggal di terowongan ini. Selain tank, senjata-senjata, baju bahkan makanan tentara AS sering dicuri oleh orang Vietkong. Makanya orang Vietkong sering disebut 'tikus kecil' Hihihi.

2. War Museum, Ho Chi Minh

War Museum, Vietnam
Vietnam memang Kota perang. Ya karena selain ada perang saudara, ada juga perang karena dijajah oleh Negara lain, terutama oleh AS. Jadi, untuk mengenang masa-masa kelam Vietnam, dibuatlah War Museum, di kota Ho Chi Minh, Vietnam. Disini kamu bisa melihat berbagai foto-foto selama Vietnam mengalami kesengsaraan karena dijajah. Foto-foto di Museum ini asli diambil oleh jurnalis dari luar negeri lho, seperti jurnalis dari Jepang, AS, dsb. Nah, di halaman depan gedung ini, terdapat berbagai pesawat yang digunakan oleh penjajah untuk melawan Vietnam. Nah disini, saya narsis foto di depan salah satu pesawat tempur dari AS. Hihihi.

Halte bus, Ban Han Rong
Setelah kurang lebih dua jam saya melihat-lihat berbagai foto-foto sejarah Vietnam di museum ini, saya pun harus segera pergi makan malam! Tapi, karena saya emang narsis nih, saya sempatkan diri untuk berfoto di Halte Bus yang tepat berada di depan Museum War ini. Hohoho.

3. Notre Dome Church, Ho Chi Minh

Notre Dome Chruch, Ho Chi Minh
Notre Dome Chruch adalah Gereja Khatolik yang tepat berada di tengah Kota Ho Chi Minh. Gereja Khatolik ini sangat bagus. Dulu katanya Gereja ini adalah bangunan peninggalan orang AS. Jadi, gak heran kalau bangunan di sekitar sini emang sangat antik.

Di depan Gereja ini terdapat taman yang begitu luas dan juga ada patung Bunda Maria lho di tengah taman ini. Wah wah wah keren banget. Selain lokasinya yang strategis, karena tepat di tengah kota, jalanan disini juga sangat bersih. Jadi gak heran, kalau tempat ini sering sekali dijadikan sebagai tempat shooting iklan ataupun film gitu. Hihihi. 

Notre Dome Chruch
Gak lupa saya pun mencari spot bagus untuk foto di depan Gereja ini. Karena bangunan Gereja ini tinggi banget, jadi saya memilih ngambil spot yang jauh dari Gereja. Bahkan udah gini pun, salip diatas genteng Gereja pun gak masuk difoto :(

Photo Pre-wedding di Vietnam
Guys list deh, ada sepasang pengantin yang lagi foto-foto pre-wedding!! Wahhh, keren ya! Hihihi. Iseng-iseng saya mengambil foto mereka lho. Bahkan tadinya saya mau minta foto bareng gitu, cuma malu ah hahahaha.

4. Pos kota

Pos Kota, Ho Chi Minh, Vietnam
Di seberang Gereja ini terdapat Pos Kota lho. Nih bangunan yang berwarna kuning ini. Di dalamnya sangat sangat sangat antik banget dan rame banget nget nget ! Ya pada awalnya saya enggan masuk ke dalem karena emang rame bangettt. Harus hati-hati lho, bisa- bisa kecopetan! Ya, seperti di Jakarta, disini juga rawan banget copet. Bahkan para pencopet disini dijuluki "tikus kecil" , Ya itulah, karena sangkin lihainya mencuri dan gerakan tangan mereka cepat bangett. Makanya kalau ditempat ini kita harus lebih hati-hati. Hehehe.

Zebra Cross 
Ini adalah zebra cross antara Gereja Notre Dome dengan Pos Kota. Ya zebra cross ini, sering sekali dijasikan spot foto ala-ala kejar-kejaran di film India atau ala liat-liat tatap-tatapan gak sengaja ala drama-drama Korea gitu. Hahahaha. Seperti biasa, saya juga mau ikutan narsis disini dong. Hihihi.

Dalem Pos Kota, Ho Chi Minh
Nah ini dia, dalemnya Pos Kota kayak gini. Rameee banget bukan. Tapi bangunan ini sangat antik. Lihat saja atapnya yang tinggi dan agak melengkung, membuat bangunan ini jadi terlihat megah. Nah, gak sesumpek yang saya bayangkan, ternyata disini adem lho. Mungkin karena atap yang tinggi serta ventilasi plus AC. Jadi gak membuat tempat ini panas. Hohoho.

Pasar barang antik di Pos Kota

Pasar barang antik, di Pos Kota
Guys, di Pos Kota ini, ada pasarnya lho. Tapi bukan pasar makanan, melainkan pasar barang-barang antik. Nah, buat kamu yang suka beli barang antik atau suka batu-batuan. Wah, wajib mampir kesini deh! Karena harganya gak mahal. Kamu bahkan bisa memakai keahlian tawar menawar kamu disini lho. Hehehe. Oh ya, belanja disini gak bisa memakai Dollar, kebalikan dari Negara Cambodia sebelumnya. Disini, Vietnam sangat menghargai mata uang nya, yaitu Dong. Jadi 16.000 Dong adalah sekitar 10.000 Rupiah. Mata uang Rupiah lebih tinggi disini. Hehehe.

5. Saigon Luxury River Cruise, Ho Chi Minh

Elisa, Cruise, Ho Chi Minh
Menurut saya pribadi, Vietnam adalah "War and Romance", Ya karena Vietnam adalah Negara perang sesuai dengan sejarahnya. Nah, selain itu adalah Negara yang penuh dengan Romansa Cinta! Wohoo!! Karena, kalau kamu ke Kota Ho Chi Minh, Vietnam, belom afdol kalau kamu belum menikmati makan malam yang romantis di atas Cruise sambil menikmati alunan lagu dan performance yang membuat kamu terhibur, serta melihat pemandangan malam Kota Ho Chi Minh yang indah. Hihihi. Gak percaya?! Ayo cobain kesini. Hihihi

Ho Chi Minh City View, from Cruise
Walaupun hanya 2 malam saya disini, saya sangat senang! Apalagi land tour guide saya sangat fasih bahasa Indonesia, jadi saya sangat mengerti tentang bagaimana Vietnam dulu dan bagaimana Vietnam sekarang. Overall, Vietnam memang baru merdeka 40 Tahun namun, perubahan terjadi sangat pesat di Negara ini, apalagi di bidang Pariwisata. Katanya, tingkat turis setiap tahunnya meningkat lho! Hihihi.

Menikmati makan malam di Cruise sambil menikmati alunan musik serta pemandangan malam Kota Ho Chi Minh yang indah, membuat saya tertarik untuk menelusuri Vietnam lebih jauh lagi. Ya, saya mau banget ke Hanoi , Ibukota Vietnam!!! Sayangnya ini adalah hari terakhir saya di Vietnam, dan saya harus lanjut pulang ke Jakarta. Hehehe. Yah inilah liburan lebaran saya di Tahun 2015. Keliling 3 Negara dengan budget yang worth it untuk 3 Negara, Thailand, Cambodia dan Vietnam. Semuanya menyenangkan! Hihihi. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Terimakasih!

Next Holiday:

Wonderful Belitung Island in 3 Days!!!



1 komentar:

  1. Hi Mba
    Mau tanya, land tour nya menggunakan organizer apa ya mba? Atau apakah masih ada kontak guide yang fasih berbahasa Indonesia nya selama trip di sana?
    Thanks

    BalasHapus